Cute Kiwi tyan's_blog: Menpora dan KONI Gagas PON Remaja 2011

Menpora dan KONI Gagas PON Remaja 2011


Jakarta - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) dan KONI/KOI kompak menggagas eksibisi Pekan Olahraga Nasional (PON) Remaja pada 2011.

"Pagelaran PON Remaja itu harus segera digelar di Tanah Air, agar prestasi atlet nasional tidak tertinggal jauh dengan negara tetangga seperti Malaysia, Thailand dan Vietnam," kata Asisten Deputi (Asdep) Pembinaan Prestasi Olahraga Menpora Marhot Harahap di Jakarta, Selasa.

Pemikiran digelarnya PON Remaja setelah memantau hasil Olimpiade Remaja (Olympic Youth Games) di Singapura, kontingen Indonesia hanya meraih satu perunggu melalui cabang angkat besi. Padahal 14 atlet yang diturunkan datang dari tujuh cabang olahraga.

Hasil yang minim cukup menyakitkan bagi pembinaan olahraga di Indonesia yang berpenduduk 200 jugta lebih, namun hanya menghasilkan satu medali perunggu. Sedang Malaysia, Thailand dan Vietnam berpacu untuk menyuguhkan medali emas.


Atas pemikiran tersebut katanya, akan digelar eksibisi PON remaja di Indonesia dengan mempertandingkan sepuluh cabang olahraga yang menjadi acuan di Olimpiade. Bila hasilnya memuaskan, maka tahun 2013 PON Remaja resmi digelar oleh KONI.

Pada kesempatan terpisah Ketua Umum KONI/KOI, Rita Subowo mengatakan, PON Remaja yang digelar tahun 2011 gagasannya sama yang dimiliki Menpora. Dengan begitu pagelaran PON Remaja akan berjalan lancar tanpa adanya tantangan dari berbagai pihak atau stage holder olahraga di Tanah Air.

Adanya PON Remaja katanya, pembinaan atlet diberbagai daerah dimulai dari usia dini. Sehingga saat usianya sudah menginjak 14 hingga 18 tahun bisa diturunkan dalam PON Remaja tersebut. Melalui pembinaan usia dini maka jumlah atlet yang muncul semakin bertambah solid, baik dalam segi jumlah maupun prestasi yang dimiliki.

Ia mengakui, Menpora sudah memiliki PPLP disetiap daerah. Namun alangkah baiknya bila ditunjang dengan pembinaan mulai usia dini dari berbagai KONI Pemprov. Dengan harapan saat Indonesia menurunkan atletnya di Olimpiade Remaja maka hasilnya akan memuaskan tidak seperti di Singapura.

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright 2009 tyan's_blog. All rights reserved.
Free WPThemes presented by Leather luggage, Las Vegas Travel coded by EZwpthemes.
Bloggerized by Miss Dothy